selamat membaca : )

Jumat, 09 Desember 2011

Indonesia Mengajar, Mengajar Indonesia

Setiap ngeliat media atau iklan di tv, gw bisa nya tuh cuma misuh2 doang, tapi entah kenapa setelah gw lihat promotion di salah satu stasiun televisi swasta, gw excited banget. INDONESIA MENGAJAR
Asli, gw baru denger tuh organisasi non profit yang bermisi memberikan pendidikan hingga ke seluruh pelosok negeri di indoensia. Teringat lagi gw dalam mukadimah UUD 1945, tujuan negara Indonesia yang ke tiga

"..., mencerdaskan kehidupan bangsa, ..."

Emang sih kalo gw lihat2 dua orang aktivis yang mromosiin ga begitu menggebu2, tapi gw penasaran ketika mereka menerangkan web resmi mereka:

www.indonesiamengajar.org

Itu gw lihat pas lagi di kosan temen gw, yang letaknya ga jauh dari kosan gw. Dan berhubung udah malam, gw beralibi lah ke temen gw untuk balik ke kosan, padahal mau buru-buru buka tuh website. Sampe di kosan, gw langsung cepet2 nyalain laptop, langsung gw cari. Anjrit, sederhana banget ! Tapi gw lihat lagi mulai dari latar belakang sejarah, visi misi nya, tim work nya, dll, gw bukain lah satupersatu. Pas gw buka kolom pengajar muda indonesiamengajar.org/tentang-pengajar-muda/ gw mulai memburai satu persatu profil mereka. ternyata banyak yang dikirim ke wilayah timur Indonesia, Papua.

Kebanyakan dari mereka ternyata orang-orang hebat. ada yang lulusan UGM lah ITB lah, UI  lah. Ada yang dapet beasiswa ke luar negeri lah (asli, minder gw pas baca profil2 mereka). Yaiyalah, buat ikutan pun seleksinya ketatnya banget, belum lagi ada pelatihan selama 7 minggu. Bentuk pelatihannya itu pelatihan softskill dan hardskill. belum lagi 3 minggu terakhir pelatihannya di hutan bareng TNI


Program dari Indonesia Mengajar sendiri dilakukan dengan mengirim tenaga pengajar, minimal S1 diutamakan freshgraduate atu nggak 2 tahun setelah lulus kuliah. Mereka dikirim ke pelosok2 daerah, mulai dari Aceh sampai ke Papua, yang tempatnya terpencil. Mereka, para pengajar muda, minimal mengajar di sana 1 tahun, yaa sesuai jargon mereka "Setahun Mengajar, Seumur Hidup Menginspirasi".  wah keren euy ! Dan yang gw tahu, kebanyakan dari mereka setelah setahun terserah mu tetap ngajar atau ga. Tapi orang2 yang udah kelar ngajar selama satu tahun dari Indonesia Menagajar bakalan reccomended banget ke perusahaan2 besar, karena perusahaan2 udah tahu pastinya softskill dan hardskill mereka. 

So, bagi yang berminat jadi pengajar muda, langsung aja join ke website nya :)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar